Merawat CCTV Saat Musim Hujan Agar Tetap Awet dan Optimal

Merawat CCTV Saat Musim Hujan – Indonesia merupakan Negara beriklim tropis. Hanya ada dua musim di Indonesia yaitu musim kemarau dan musim hujan. Jika anda adalah seorang pengguna CCTV tentu akan merasa risau dikalah musim hujan datang. Hal ini wajar sekali karena pada musim hujan tidak hanya air saja yang turun. Tapi disertai juga dengan angina kencang dan petir. Hal seperti ini dapat membuat CCTV anda bekerja tidak optimal atau bahkan rusak.

Nah anda sebagai pengguna harus tau langkah apa yang harus dilakukan agar CCTV yang anda pasang tetap bisa bekerja secara optimal atau paling tidak dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi. Promedia CCTV akan berbagi langkah tepat agar CCTV tetap dapat bekerja sebagaimana seharusnya. Simak ulasan berikut.

  1. Bersihkan Lensa kamera CCTV Outdoor

Jika anda memiliki kamera CCTV outdoor. Maka penting untuk membersihkan lensa kamera CCTV outdoor secara rutin. Jika lensa kamera sudah berembun maka silica gel yang berada di dalam kamera untuk segera diganti.

  1. Pastikan Keadaan Konektor Video dan Power

Merawat CCTV Saat Musim Hujan – Secara umum konektor video dan power akan berkarat jika terkena hujan dan panas. Konektor ini berguna untuk menyambungkan kabel dengan kamera CCTV. Nah jika ini terjadi maka hasil rekaman kamera CCTV menjadi tidak optimal bahkan menjadi bergaris.

  1. Uninterupted Power Supply (UPS)

Uninterupted Pwer Supply atau yang disingkat dengan UPS merupakan alat yang dapat menjaga stabilitas tegangan listrik dari sumber listrik ke perangkat CCTV. Biasanya listrik menjadi tidak stabil pada musim hujan bahkan tak jarang mengalami mati listrik. Tentu akan sangat mempengaruhi kinerja dari CCTV. Karena perangkat CCTV sendiri menggunakan listrik. Untuk mengatasi masalah seperti ini bisa menggunakan UPS. Daya UPS yang bisa digunakan dari 500va hingga 1200va. Besarnya daya ini disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga : Cara Memperbaiki CCTV Rusak Tersambar Petir

  1. Power Surge Arrester

Jika anda menggunakan CCTV di daerah yang sering ada petir maka sebaiknya menggunakan power surge master. Alasannya adalah dengan menggunakan alat ini dapat mengurangi kerusakan perangkat karena petir. Bentuknya yang seperti colokan listrik biasa ini ternyata telah dilengkapi dengan anti petir. Ketika alat ini tersambar oleh petir maka tidak akan sampai keperangkat CCTV.

  1. Selalu Backup Data Rekaman CCTV

Kita tidak akan tahu apa yang bisa terjadi pada CCTV yang digunakan. Sebaiknya selalu lakukan backup data rekaman CCTV secara berkala.

  1. Gunakan Kabel RG6 dan Pipa Clipsal untuk Outdoor

Kabel yang digunakan untuk kamera CCTV outdoor sebaiknya dalah kabel RG6. Untuk menambah keoptimalan kinerja kabel seperti kerapian dan keawetan kabel maka sebagikanya juga menggunakan pipa Clipsal. Kabel yang rapuh membuat hasil rekaman menjadi tidak bersih.

  1. Housing kamera

Walaupun kamera CCTV outdoor anda sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP66 dan IP67 yang sudah tahan terhadap air. Namun alangkah lebih baik untuk memasang housing kamera yang bertujuan untuk mengurangi kerusakana kamera.

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Terbaik di Tangerang

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa pasang, maintenance, atau perbaikan CCTV? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional GUDANG TEKNIK hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Gudang Teknik merupakan Dealer dan Distributor resmi berbagai macam merk CCTV dan sistem keamanan lainnya. Kami melayani penjualan, pemasangan, setting online, bongkar pasang, pindah titik, dan perbaikan IP, Analog, dan Wireless CCTV untuk Gedung, Kantor, Pabrik, Gudang, Jalan, Appartemen, Toko, dan Perumahan berskala project maupun retail. Kami menyediakan berbagai macam brand CCTV, dan paket pemasangan CCTV terlengkap dan termurah mulai dari 2 – 16 Channel.

Hubungi Kami Untuk Konsultasikan Kebutuhan Anda

Marketing : 081383531994 – 081317650001
Email : marketing@gudangteknik.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H, Jl. Raya Serang No.Km 11, RW.4, Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published.